5.19.2007

Membangun Komunikasi Yang Efektif (Vo 1)

التواصل الفعـال
Bagaimana Membangun Komunikasi Yang Efektif


1. Kesuksesan membangun komunikasi merupakan salah satu syarat sesorang menuju kesuksesan dalam hidupnya. Dalam Taman Motivasinya Andrie Wongso mengatakan: "Tiada kesuksesan yang diraih tanpa keterlibatan orang lain, karena itu, pandai membawa diri di setiap pergaulan adalah ilmu hidup yang mutlak dimiliki oleh setiap orang yang mau sukses".

2. Dalam hadisnya Rasulullah menegur orang yang menarik diri dari masyarakat


"المؤمن الذي يخالط الناس ويصبر علي أذاهم خير من المؤمن الذي لا يخالط الناس ولا يصبر علي أذاهم" .

"Seorang mukmin yang membangun komunikasi dengan masyarakat, serta tabah atas berbagai permasalahan yang ditimbulkan darinya, adalah lebih baik dari seorang mukmin yang tidak membangun komunikasi itu, dikarenakan tidak memiliki ketahanan untuk menghadapi permasalahan yang timbul sebagai konsekwensi dari komunikasi tersebut".

3. Kata-kata "Khair min" disini tentu saja tidak hanya mengandung arti "lebih baik dari", tapi dibalik keistimewaan itu tentu tersimpang rahasia lain, rahasia itu jika terbuka, akan didapati bahwa ia adalah "Rahasia Kesuksesan". dengan kata lain, seorang yang menarik diri dari pergaulan dengan masyarakat sekelilingnya merupakan prototipe dari pribadi yang gagal.

4. Para ahli manegemen mengatakan bahwa ada 10 barometer yang bisa menjadikan seseorang melejit sukses dalam hidupnya, salah satunya adalah kemampuan membangun komunikasi ini.

5. Ada beberapa unsure penting yang turut berperan dalam mensukseskan proses komunikasi. Pertama: Pengirim, Kedua: Penerima, Ketiga: Pesan, Keempat: sarana, dan Kelima adalah Lingkungan. Serta keenam dan terakhir adalah feed back.

......................berlanjut.................

No comments: